Wednesday, November 11, 2009

Kenapa banyak cewek suka SuJu.. (Yang gax ngerti MatDis dianjurkan untuk NGGAK membaca..)

Di kian mewabahnya kejayaan ShowBiz Korea di Indonesia, ada satu grup boys band yang sangat terkenal, namanya Super Junior a.k.a. SuJu.
Entah kenapa, banyak cewek yang mengandrungi grup musik ini, termasuk salah satu teman gue, sebut saja Marsella (bukan nama asli).

Melalui tulisan ini, gue mau coba bahas salah satu alesan kenapa banyak orang yang suka mereka dari sisi kegantengan mereka saja, secara matematika (nah loh? stress kali ya gue? hahaha).

Gini..

Kalo misalkan, ada satu artis ganteng, kita asumsikan kalo 50% cewek suka, dan 50% cewek nganngep biasa aja, dengan mengesampingkan cewek yang nggak tau artis tersebut.

Misalkan ada boys band dengan anggota 5 orang. Kalo satu cewek misalkan suka sama kegantengan salah satu anggota, itu cukup buat cewek itu buat jadi suka sama boys band tersebut, betul? Jadi alasan untuk suka satu kelompok itu cukup dengan suka sama salah satunya aja, nggak perlu suka sama semuanya.

Kalo misalkan ada satu boys band yang terdiri dari dua orang. Kita asumsikan kalo 25% suka cowok A saja, 25% suka cowok B saja, 25% tidak suka keduanya, 25% suka keduanya (sekali lagi, dan seterusnya, mengesampingkan cewek yang tidak tau boys band tersebut).
S = {cewek yang tau boys band tersebut}
X = {suka A, suka B}
n(X) = 2
Subhimpunan dari X = 2n(X) = 22 = 4 (yaitu {suka A dan B, suka A saja, suka B saja, tidak menyukai keduanya})

Dengan demikian kita bisa asumsikan yang tidak menyukai keduanya bisa dihitung dengan 1/(2n(X))


Bagaimana dengan F4 or BBF?
S = {cewek yang tau boys band tersebut}
X = {suka A, suka B, suka C, suka D}
n(X) = 4
Subhimpunan dari X = 2n(X) = 24 = 16 (yaitu {suka A saja, suka B saja, suka C saja, suka D saja, suka A dan B saja, suka A dan C saja, suka A dan D saja, suka B dan C saja, suka C dan D saja, suka A B dan C saja, suka A B dan D saja, suka A C dan D saja, suka B C dan D saja, suka semuanya, tidak suka semuanya})

Dapat kita asumsikan bahwa yang tidak suka mereka hanya 1/16 alias 6,25%


Lalu, bagaimana dengan SuJu?

n(X) = 13
Subhimpunan dari X = 213 = 8192

dari situ kita asumsikan bahwa cewek yang tau SuJu dan tidak suka mereka, hanya 1/8192 atau sekitar 0,012207%!

Kesimpulannya, semakin banyak anggota boys band, semakin banyak orang yang suka. Tapi jangan nekat juga bikin boys band yang anggotanya 100 orang. Bukannya laku, malah bangkrut, kasian orang2 pada repot ngapalin anggotanya. Hahahaha.

Tulisan ini sama sekali nggak berdasarkan survai, cuman asumsi buta dengan perhitungan buta juga. =P

1 comment:

  1. kinda confused tapi tertarik baca gara2 suju disebut... ^^
    salam kenal dari tetangga :))

    ReplyDelete