Thursday, September 16, 2010

Mitos atau Fakta tentang Batere Ponsel

Tulisan ini adalah hasil perbincangan gue dengan beberapa orang kawan di waktu, tempat, dan kesempatan yang berbeda-beda. Jadi tulisan ini belom tentu bener, tapi nggak ada salahnya buat dibagiin buat bahan pertimbangan dan pemikiran lo orang aja.Here goes:


1. Hape kudu di-charge sampe penuh baru boleh dicabut, kalo nggak batterenya bisa nge-drop.



Menurut gue dan seorang kawan gue, kabar tersebut hanya mitos. Battere nggak harus diisi sampe penuh, dan kalo nggak penuh nggak bakal bikin battere nge-drop. Yang penting jangan nge-charge hape sebentar-sebentar. Misalkan baru nge-charge semenit udah dicabut lagi (seperti yang biasa dilakukan tukang hape kalo kita baru beli hape n charger-nya dites). Ini malah yang ngebuat hape jadi drop. Jadi kalo misalkan udah nge-charge agak lama, n ternyata belom penuh, hape boleh dicabut walau batterenya belom penuh. Itu nggak bakal nebuat battere jadi nge-drop.



2. Begitu battere penuh, hape harus langsung dicabut. Kalo udah penuh tapi tetep dicolok bakal mengakibatkan battere nge-drop.


Dulu gue pake hape K500i dan biasa gue charge sambil tidur. Nggak ada pengurangan performa battere yang signifikan.Lalu gue ganti sama N 6600, dan karena gue pikir K500i gue aja nggak apa-apa di-charge sambil dibawa tidur, akhirnya gue melakukan hal yang sama. Dan hoopla, dalam beberapa hari battere gue udah nge-drop. Lama-lama tuh battere jadi melendung jah. --aDari perbincangan singkat yang gue lakukan bareng temen gue, kami berkesimpulan bahwa (entah di charger-nya, entah di hape-nya) ada semacam 'stopper' yang menghentikan usaha pengisian ke dalam battere. Tapi teknologi itu (mungkin) nggak di semua jenis hape ada.



3. Kalo hape baru beli, charge selama 4 jam walau battere-nya udah penuh.


Nggak cuman hape sih, tapi banyak barang elektronik yang ngegunain battere yang bisa charge katanya harus melakukan hal ini.Ada beberapa spekulasi dari temen-temen gue mengenai hal ini. Inilah kira-kira pendapat mereka:
a. Itu akal-akalannya tukang hape aja, biar nanti batterenya cepet nge-drop (mengasumsikan poin no. 2 itu fakta).
b. Supaya nanti batterenya mengeluarkan potensi maksimalnya.
c. Khan biasanya barang elektronik waktu beli ada baterenya setengah. Abisin itu dulu, baru charge sampe penuh.
d. Charge aja sampe penuh.
e. Nggak perlu dilakukan, tapi memang waktu pertama-tama kali dipake, rasanya batterenya kaya nge-drop, tapi kira-kira seudah pengisian ketiga, baru kemampuan asli batterenya keluar.



Pendapat gue sendiri, gue seh percaya ma buku petunjuk. Dan rasanya di User Guide W508 gue nggak ada anjuran untuk melakukan itu.Tapi juga, rasa-rasanya sih gue pernah baca anjuran itu entah di buku petunjuk mana. Entah itu khayalan atau ingatan gue. :D


Lagipula, hape baru, rasanya gatel kalo di-charge lama-lama. Seudah penuh rasanya pengen cepet maenin lagi. :D



4. Kalo nge-charge hape jangan dimaenin dan kalo bisa dalam keadaan mati.


Pernyataan ini bagi gue adalah mitos. Soalnya di User Guide W508 gue, ada tertulis kalo waktu nge-charge, kita tetep boleh menggunakan hape itu. Lagipula, di jaman sekarang, ada ya orang yang bisa sengaja matiin hape waktu nge-charge? :p



5. Battere harus kosong dulu baru boleh di-charge. Kalo masih ada sisa dayanya terus di-charge, bisa ngerusak battere.


Ini juga sayangnya mitos. Boleh-boleh aja nge-charge waktu masih ada sisa daya di dalem battere-nya.



6. Hape kalo battere-nya kalo kosong banget, pas nge-charge emang layarnya nggak nyala sama sekali. Seudah berapa lama baru layarnya nyala n nampilin kaya biasa nge-charge.


Pernyataan ini betul. Jadi jangan kaget kalo waktu kamu nge-charge layarnya mati terus seakan-akan nggak mengisi.Tapi mengosongkan battere sekosong-kosongnya adalah tindakan yang SALAH. Kalo battere udah kosong n hape otomatis shut down sendiri, jangan coba-coba dinyalain lagi. Beberapa orang ada khan yang kalo hape batterenya udah abis n mati sendiri, dinyalain lagi. Beberapa menit nyala, terus nanti mati sendiri lagi, truz dipaksa nyala lagi, truz mati sendiri lagi. Berulang-ulang sampe akhirnya hape bener-bener nggak bisa nyala. Jangan lakukan itu! Itu ngebuat battere jadi nge-drop.Kalo hape udah mati sendiri karena kehabisan batere, biarkan dia beristirahat. Jangan ambil resiko nyalain lagi cuman demi ngirim SMS, "iIaNk...haPe AqUwh mATi.....nNt zA xMx'an'a LaaGiieHh....MwAkkZ..." Mending pinjem hape temen n kalo dia pelit bayar aja cepe buat 1 SMS.



7. Charger kudu dilepas dari stop kontak kalo nggak lagi nge-charge.


Bokap gue sering bilang gitu. Dulu seh gue nggak percaya, tapi sejak beberapa bulan lalu W508 gue upgrade software sambil maen Dokapon Kingdom di kamar si Trysandi bareng si Steven dan Fransisco, akhirnya gue percaya (walau sampe sekarang kadang suka lupa or males.. :p). Soalnya kalo kita beres nge-charge, di layar W508 gue langsung keluar tulisan yang intinya suruh kita cabut charger dari soket, demi hemat energi. Btw, W508 gue namanya Cherrin dan dilafalkan seperti Kerrin loh! :D



8. Di hape Nokia tipe tertentu ada kombinasi tombol yang kalo dipencet waktu battere kita abis, bisa ngeluarin battere cadangan sebanyak 50% dari battere biasa.


Gue pernah baca tentang hal ini di blog orang, tapi karena hape gue bukan Nokia, jadi gue nggak ingetin kombinasinya. :pEntah ini betul atau bohong, yang pasti gue mau share aja. :D





Kutipan dari User Guide Cherrin yang gue pakai untuk melandasi pendapat gue tentang poin 1, 4, 5:


"You can use your phone while it is charging. You can charge the battery at any time and for more or less than 2.5 hours. You can interrupt the charging without damaging the battery."

--User Guide W508 halaman 6, 'Charging the battery.'



atau dalam bahasa Indonesianya:


"Anda dapat menggunakan telepon ketika baterai sedang diisi. Baterai dapat diisi setiap saat selama lebih atau kurang dari 2,5 jam. Anda dapat menghentikan pengisian meskipun belum selesai tanpa menyebabkan kerusakan pada baterai."

--Buku Panduan W508 halaman 7, 'Mengisi daya baterai.'




Terserah lo mau percaya atau nggak sama pendapat-pendapat di atas, yang pasti ini buah pikiran gue dan beberapa kawan gue. Untuk kebenarannya nggak bisa gue jamin. Semuanya kembali ke jenis hape dan kepercayaan masing-masing. Kesimpulannya, baca buku panduan kalo beli hape. :)) Buku panduan banyak berisi informasi yang berguna loh.


Kalo ada yang mau berkomentar atau nambahin poin-poin baru, silakan. Nanti gue update lagi tulisan ini. :)

No comments:

Post a Comment