Friday, April 2, 2010

Orang Indonesia tukang ngaret?!

Entah udah image internasional atau belum, tapi banyak banget orang nganggep orang Indonesia tuh tukang ngaret. Kadang kita kesel banget sama orang yang ngaret. Udah nungguin lama-lama eh nggak tepat waktu.

Tapi kenyataannya terkadang malah kita sendiri yang "mengharapkan" orang Indonesia jadi pada ngaret. Contohnya, kalo acaranya sebenernya mulai jam 11, kita seringkali bilang, "acaranya jem 10." Coba bayangin kalo ada orang yang disiplin, dateng bener-bener jam 10 dan cengo sendirian. Lama-lama kalo digituin terus, si disiplin pun bakal jadi bete, dan lama-lama memutuskan buat ngaret juga.

Secara gax langsung pun dengan begitu kita berpikir, "saya nggak mengharapkan kamu datang jam 10 (tepat waktu menurut waktu yang diumumkan), karena sebenarnya acaranya pun jam 11 (telat menurut waktu yang diumumkan)."
Dengan kata lain, kita berpikir, "saya nggak mengharapkan kamu datang tepat waktu, karena sebenarnya acaranya pun telat."

Coba kalo misalkan berangkat jam 10, kita bilangnya, "berangkat jam 10," dan bener-bener dilaksanakan. Si ngaret yang dateng ngaret pun akhirnya ketinggalan, dan kalo digituin berkali-kali, lama-lama si ngaret ini pasti jadi disiplin, daripada ditinggalin melulu.

Waktu itu saya disuruh pelayanan pagi, lalu karena saya nggak begitu tau jadwal ibadah pagi, saya tanya teman saya. Lantas teman saya menjawab jam 6 pagi.

Lalu pada hari Minggunya saya benar-benar datang jam 6 kurang, dan hupla baru ada satu fulltimer yang udah siap sedia di ruang kebaktian.
Saya pun sadar kalo hal seperti itu saya nggak boleh terlambat. Jadi kalo ibadah mulai jam 6, mana mungkin saya datang jam 6 lewat?

Ada pun yang saya sebut sebagai 'mental penumpang kereta'. Penumpang kereta, kalo jadwal kereta jam 17.38, mereka akan datang sebelum jam 17.38 walaupun memang ada kemungkinan kereta datang terlambat. Tapi daripada mengharapkan kereta datang terlambat, lebih baik datang lebih awal. (Terlebih lagi kalo datang awal, ada kemungkinan dapat tempat duduk.. :p )

Oke, saya akui, saya pun masih sering datang terlambat. Tapi nggak pernah sekalipun telat karena memang niat telat. Dalam benak saya, saya lebih suka datang awal daripada terlambat. Tapi ya, well, karena satu n banyak hal, akhirnya saya suka telat juga. Tapi bener deh, nggak pernah satu kalipun sengaja ditelat-telatin. Kalo udah telat pun damai sejahtera dalam hati saya udah ilang, ada rasa nggak enak.

Saya pun mau belajar buat memiliki 'mental penumpang kereta' itu.

Kesimpulannya, terkadang kita 'mengakali' orang-orang ngaret supaya datang tepat waktu dengan cara mengumumkan waktu mulai lebih awal, tapi secara nggak sadar, kita sedang mempertahankan image orang Indonesia tukang ngaret itu.

1 comment:

  1. nice....mengingatkan saya untuk selalu tepat waktu :)

    salam kenal ya...
    GBU

    ReplyDelete